Friday 14 December 2012

Interfacing Joystick dengan AVR II: Wireless Dualshock2

Melanjutkan dari post saya yang sebelumnya. Pada post sebelumnya, saya melakukan pembacaan dengan menggunakan wireless dualshock 2.
Wireless Dualshock 2 yang saya gunakan adalah yang dijual di pasaran biasa, dapat didapatkan dengan mudah di toko-toko di Jaya Plasa Bandung. Berikut penampakannya.
Gambar 1 - Dualshock 2 Wireless 2.4Ghz



Pada saat menggunakan wireless dualshock tersebut, ternyata terjadi kesalahan apabila menggunakan connector pada post sebelumnya. Karena itu saya melakukan beberapa perubahan pada connector yang saya buat.

Modifikasi Connector
Pada connector yang sebelumnya, digunakan Vcc 5V. Dari beberapa referensi yang saya baca, beberapa wireless joystick menggunakan tegangan 3.3V untuk receivernya. Oleh karena itu saya menambahkan regulator AMS1117 3.3 untuk connectornya.
Gambar 2 - Regulator AMS1117-3.3 V
Selain itu, saya buat juga perubahan dengan melepas resistor "pengaman" ke pin mikro. Mungkin dapat dicoba dengan atau tanpa resistor pengaman, tetapi saya mendapati connector berhasil tanpa resistor pengaman.
Gambar 3 - Rangkaian perubahan pada connector


Penghubungan joystick dengan Receiver

Pada joystick yang saya gunakan, pada joystick dan receiver terdapat led indikator koneksi. Apabila tidak tehubung, LED Rx akan menyala kedap-kedip. Setelah terhubung, maka LED Rx pada keduanya akan menyala stabil dan tidak akan berkedap-kedip.

Apabila terjadi ketidakstabilan pada koneksi (LED Rx stabil, lalu kembali berkedip-kedip), maka pengesetan frekuensi spi harus dilakukan. Saya mendapati ketika frekuensi spi dirubah, pada frekuensi yang tepat koneksi akan menjadi stabil.
Pengesetan frekuensi dapat dilakukan dengan menegeset register SPCR dan SPSR mengikuti tabel berikut yang terdapat pada datasheet ATMega.
Gambar 4 - Tabel pengaturan register SPCR untuk frekuensi spi
Entah mengapa saya mendapati ketika power supply berubah tegangannya, nilai frekuensi agar stabil juga berubah, sehingga saya harus mengubah pengesetan frekuensinya kembali.

Video untuk percobaan joystick wireless akan menyusul, bersama dengan post soal tugas mobil-mobilan dengan remote control yang saya buat.

Berikut disertakan file header joystickdw.h untuk referensi tambahan.
https://skydrive.live.com/redir?resid=DA68C66B9F22267D!288&authkey=!AF_YT34_YLFUmzk

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Sekian dan terima kasih sudah menyempatkan diri untuk mampir.
"Buka mata, belajarlah dari semua hal dan kejadian"- Tanduk Ion

6 comments:

  1. gan kalo wireless pake source code yg stik biasa bisa ga?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. gan stik kaya gitu bisa di pake di laptop ga buat PES 2016??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bego lo njeng wakakak ngakak

      Delete
  4. This item might not exist or is no longer available
    This item might have been deleted, expired, or you might not have permission to view it. Contact the owner of this item for more information.

    minta solusinya mas, bisa upload lagi file lampiran nya?
    Makasih, sukses selalu

    ReplyDelete